tes kehamilan paling akurat

Berbagai cara untuk mengetahui apakah sedang hamil atau tidak. Bisa dilihat setelah merasakan gejala umum menyerupai tanda kehamilan, untuk lebih meyakinkan hal tersebut diperlukan uji tes kehamilan, guna memastikan kebenarannya. Pengecekan dapat dilakukan menggunakan bantuan alat tes kehamilan berupa testpack, selain mudah didapatkan juga penggunaanya tidak begitu rumit. Entah itu lewat deteksi hormon yang melalui tes urin atau air seni.

Akan tetapi, dengan penggunaan alat test pack saja tidak cukup dan cara ini terkadang kurang efisien tingkat ke akuratannya. Sehingga, bisa saja membuat seorang wanita dalam kebimbangan bahkan ragu dengan hasil tes penggunaan alat test pack tersebut.

Cara Tes Kehamilan Paling Akurat dengan Test Pack atau USG ?

Cara tes kehamilan yang paling akurat bisa saja dilakukan dengan menghitung tanggal terakhir haid atau menstruasi. Ini merupakan salah satu cara yang cukup efisien, memiliki siklus menstruasi yang teratur yaitu 28 hari. Baca juga artikel Tanda – Tanda Kehamilan Kosong

Pemeriksaan dengan menggunakan test pack (alat tes kehamilan) sendiri baru bisa menunjukkan hasil akurat, jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi selanjutnya atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi).

Tes pack mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU. Hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif, jika terdapat dua garis yang nampak pada alat tes tersebut. Garis kedua yang muncul bisa tampak samar atau bisa juga terlihat jelas. Hal ini tergantung dari konsentrasi hormon hCG yang terkandung dalam urine yang diperiksa.

Namun pemeriksaan dengan test pack bisa menunjukkan hasil positif juga pada penyakit reproduksi seperti mola hidatidosa (hamil anggur). Sehingga untuk memastikan kehamilan memang paling akurat dengan melakukan pemeriksaan USG.

USG kehamilan adalah pemeriksaan yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk memperlihatkan kondisi janin, plasenta, rahim dan organ panggul lainnya.

Kebanyakan seorang bidan maupun dokter spesialis kandungan lebih menyarankan untuk melakukan ultrasonografi atau biasa disebut juga tes USG kehamilan, salah satu pemeriksaan yang sangat penting dilakukan.

Namun, bagi wanita hamil yang merasa ada tanda-tanda masalah dengan kehamilannya, sudah bisa melakukan tes USG sejak usia 4-5 minggu.

[Total: 6    Average: 5/5]