tanda-tanda kehamilan awal

Tanda kehamilan awal sangat wajib untuk diketahui oleh semua kalangan kaum hawa. Apalagi tanda kehamilan ini baru pertama kalinya dialami oleh pasangan muda-mudi, tentu menjadi kabar yang sangat menyenangkan. Dalam rasa penasaran / keingintahuan (kepo) yang timbul setelah mengalami gejala mirip tanda awal kehamilan, pasti tidak sabar untuk selalu melakukan pengecekan.

Mungkin belum sempat berkonsultasi dikarenakan sibuk pekerjaan atau hal lain, sebelum berkunjung ke bidan atau dokter kandungan, anda pun bisa mengenali beberapa tanda tersebut melalui beberapa situs website yang mengklarifikasi akan perihal tanda-tanda kehamilan awal.

Seperti yang dilansir pada id.wikipedia.org/wiki/Kehamilan “Kehamilan merupakan masa di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Kehamilan seorang wanita, terjadi selama 40 minggu antara waktu menstruasi terakhir dan kelahiran (38 minggu dari pembuahan)”.

Tanda – Tanda Kehamilan Awal, Muda atau Pertama Pada Wanita

Jika kurang paham akan gejala terjadinya suatu kehamilan, sebagai wanita awam bisa simak ciri-ciri seperti tanda kehamilan awal (muda) yang kerap terjadi pada seorang wanita. Berikut diantaranya, adalah :

  • Muncul bercak darah (flek) disertai kram perut

Bercak darah akan muncul sebelum menstruasi yang akan datang, disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim.

  • Sering mual dan muntah (morning sicknes)

Biasanya sering terjadi di pagi hari, tetapi ada pula yang terjadi pada siang dan malam hari. Bahkan morning sickness terjadi hanya ketika wanita hamil tersebut mencium aroma atau wewangian yang khas.

  • Sering kencing / buang air kecil (frequent urination)

Setelah telat haid selama 1-2 minggu, keinginan untuk buang air kecil semakin sering. Ini disebabkan janin yang tumbuh di rahim menekan kandung kemih dan akibat adanya peningkatan sirkulasi darah.

  • Pusing dan sakit kepala (headaches)

Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik; rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah rendah.

  • Mudah lelah dan mengantuk (fatigue)

Rasa mudah lelah dan mengantuk pada wanita hamil selain disebabkan oleh perubahan hormonal, juga akibat kinerja dari beberapa organ vital bertambah. Seperti; ginjal, jantung, dan paru-paru. Organ-organ vital ini tidak hanya bekerja untuk mencukupi kebutuhan ibu saja, namun juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

  • Sembelit

Sembelit akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.

  • Sering meludah (hipersalivasi)

Tanda kehamilan ini biasanya terjadi pada trimester pertama. Kondisi ini akan hilang dengan sendirinya setelah kehamilan memasuki trimester kedua

  • Temperatur basal tubuh naik

Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh wanita hamil akan semakin meningkat. Kondisi ini bertahan selama terjadinya masa kehamilan tersebut.

  • Amenorea

Munculnya amenorea dimana kondisi ini sangatlah umum dan banyak terjadi terhadap wanita hamil.

Cara Mengetahui Tanda Pasti Hamil Oleh Seorang Wanita

Primigravida atau gravida 1 adalah sebutan bagi wanita yang mengalami kehamilan untuk pertama kalinya. Dalam upaya meyakinkan seorang wanita dapat dipastikan hamil, salah satunya dengan melakukan tes kehamilan. Sehingga, terindikasikan kehamilan tersebut memang benar ada dan terjadi.

[Total: 6    Average: 5/5]