Penjelasan tentang cara aborsi medis dengan cytotec misoprostol. Menurut ilmu medis, obat cytotec sendiri memiliki fungsi utama sebagai obat tukak lambung atau maag. Dilarang untuk dikonsumsi oleh wanita hamil, dapat mempengaruhi janin didalam kandungan yang memicu terjadinya keguguran secara spontan.

Perlu digaris bawahi dengan jelas, informasi mengenai cytotec misoprostol yang dipercaya mampu gugurkan kehamilan, jangan salahgunakan obat ini bila tidak ingin terjadi keguguran dan gunakan sesuai resep dokter.

Apa Kaitan, Cara Aborsi Medis dengan Cytotec Misoprostol ?

Cytotec adalah tergolongan obat jenis misoprostol, biasa digunakan untuk mengobati tukak lambung atau mencegah penderita sakit maag dan mengurangi resiko komplikasi ulkus serius seperti pendarahan.

Obat cytotec juga terkadang diperlukan oleh para dokter tanpa terkecuali, saat ingin melakukan proses persalinan yang berkendala terhadap riwayat keselamatan seorang wanita hamil dengan kandungannya. Ketika kandungan tersebut mengalami tingkat kesulitan saat mau melahirkan, obat ini sangat dibutuhkan dan seringkali digunakan untuk proses mendorong keluarnya janin di dalam kandungan.

Selain fungsi utama sebagai obat tukak lambung, cytotec juga digunakan untuk tujuan lain diluar indikasi yang disarankan yaitu sebagai obat aborsi kandungan. Namun karena tindakan aborsi dilindungi dan diatur dalam undang-undang, maka penggunaan Cytotec harus berdasarkan status hukum aborsi yang berlaku disetiap negara dan saran dari para ahli atau dokter.

Jadi, kesimpulannya memang benar. Obat cytotec misoprostol dapat berfungsi menggugurkan kandungan secara medis.

Dosis dan Cara Pakai Obat Cytotec Misoprostol

Adapun keterangan mengenai dosis cytotec dan cara pemakaiannya dalam indikasi yang lazim digunakan. termasuk sebagai berikut ini :

1. Dosis Cytotec untuk mengobati tukak lambung: dosis dewasa 800 mcg per hari dibagi dalam 2-4 dosis selama 4 minggu paling sedikit, meskipun gejalanya sudah mereda sebelum rentang waktu itu. Dosis tambahan mungkin diberikan jika terjadi berulang kembali.

2. Dosis Cytotec untuk menggugurkan kandungan (kandungan usia 5 bulan maksimal): dosis 400 mcg setiap kali tiga jam, dan lebih lengkapnya akan kami pandu. Hubungi kontak yang sudah tersedia

3. Dosis Cytotec untuk proses persalinan: dosis dalam bentuk supositoria 200 mcg yang dapat larut perlahan sebanyak 7 mcg/jam selama 24 jam pada wanita dengan kondisi servik tidak prima (dimulai saat usia kehamilan 36 minggu).

Informasi Penting : Obat harus dikeluarkan jika terjadi kondisi berikut : terjadi persalinan aktif, kontraksi rahim berkepanjangan dan berlebihan, terdapat bukti kompromi janin, sudah melebihi 24 jam setelah pemakaian. Obat tidak boleh dimasukkan lagi jika keluar dari mulut kelamin dengan sendirinya.

Lalu, apa saja efek samping yang ditimbulkan obat cytotec sebagai aborsi medis ?

Efek Samping Cytotec Misoprostol sebagai Cara Aborsi Medis

Efek yang diterima atau ditimbulkan seketika penggunaan dimulai dengan obat cytotec misoprostol, seseorang biasanya akan merasakan mual, pendarahan, dan nyeri atau kram pada perut. Itu suatu hal wajar terjadi, dan apabila merasakan efek nyeri maupun kram bahkan sampai pendarahan hebat berkepanjangan, segera mencari bantuan medis atau pertolongan dokter dengan jarak tempuh kurang lebihnya 30 menit.

Beberapa efek samping cytotec yang mungkin terjadi dan tidak begitu serius, diantaranya seperti mengalami gejala berikut ini :

  • Mual – mual
  • Perut kembung
  • Sembelit
  • Sakit kepala, pusing ringan
  • Kram menstruasi, atau
  • Bercak maupun keputihan pada kelamin wanita

Jika mengalami gejala efek samping diatas, jangan panik dan segera hubungi kami atau dokter kandungan terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis.

[Total: 6    Average: 5/5]